Kaum Miskin Indonesia

Kaum Miskin Indonesia
Perjuangan kita tak akan sia-sia. Asalkan kita tahu dari mana kita berasal (diktum sokrates), dan kemana tujuan kita (aquinas), serta dimana kita akan berhenti (Honing A Bana).

Sabtu, 12 Juli 2014

Rumah Adat Sonaf Bikomi

                                                    Rumah Adat Sonaf Bikomi

 
Sonaf Bikomi merupakan rumah adat dari Suku Bana. Sonaf ini berdampingan dengan : Tola Bikomi yaitu rumah tempat memasak jagung mudah setelah panen pertama. Haumonef Bikomi, Ume Ola : rumah yang pertama kali menerima sebagian hasil panen Somaf Bikomi.
Sonaf Bana mempunyai 4 saudara yang biasa disebut Ato Bana Lake Sanak yaitu :
  1. Sanaf Sanak berasal dari Maslete
  2. Sonaf Bana berasal dari Tubuhue
  3. Sonaf Ato berasal dari Oenemu
  4. Sonaf Lake berasal dari Haumeni
Sonaft didirikan oleh Aluman Bana pada tahun 1938 dan pada tahun 1942 meninggal dan diganti oleh Malafu Bana yang meninggal pada tahun 1999 kemudian diganti oleh Agustinus Bana (Ase Bana). Sonaf Bikomi berfungsi sebagai tempat musyawarah dan upacara adat pendinginan. Sonaf Bikomi terbagi 2 ruangan yaitu bagian depan merupakan ruang pertemuan dan sedangkan pada bagian belakang terdapat ruang tempat tidur dan dapur.
Material yang digunakan untuk atap/ Hun dari alang - alang, tiang usuk/ Suaf terbuat dari batang cemara, usuk diukir melambangkan 8 bersaudara (Nenis, Hala, Funan, Oetpah, Sife, Tanik dan Apaol Bana) dari tokoh ada yang berhak mengerjakan Sonaf Bikomi. Rangka/ latah (Tak Pani) atap terbuat dari batang pinang. Dinding/ Niki terbuat dari kayu merah. Tiang induk/ Ni Ainaf terbuat dari kayu merah.
Bagian depan Sonaf Bikomi tertancap kayu bercabang tiga yang disebut Haumenof Bikomi berfungsi sebagai tempat memotong ayam/ babi pada saat upacara adat.
 
Sumber : Selayang Pandang Cagar Budaya & Situs di 21 Kabupaten/ Kota se-Nusa Tenggara Timur tahun 2012

Tidak ada komentar: