Kaum Miskin Indonesia

Kaum Miskin Indonesia
Perjuangan kita tak akan sia-sia. Asalkan kita tahu dari mana kita berasal (diktum sokrates), dan kemana tujuan kita (aquinas), serta dimana kita akan berhenti (Honing A Bana).

Sabtu, 25 Februari 2012

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KOMISARIS GMNI KOMISARIAT MERDEKA MALANG


logo gmniLAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
KOMISARIS GMNI KOMISARIAT MERDEKA MALANG
PERIODE 2010-2011
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
GMNI KOMISARIAT MERDEKA MALANG
PERIODE 2010-2011

Merdeka….
GmnI …….jaya…..
Marhaen….menang….

Yang terhormat :
dewan pimpian Cabang GMNI malang
Para Komisaris atau utusan komisariat se-malang dan sekitarnya
Seluruh keluarga besar GMNI yang selalu kami banggakan

I.                   PENDAHULUAN
Puji syukur kami panjatkan kepada TYM, Tuhan penguasa semesta alam yang selalu melimpahkan rahmat-nya kepada kita semua sehingga kita bisa memperjuangkan nasib kaum –kaum marhaen sampai detik ini, serta kita semua dilimpahkan kesehatan jasmani dan rohani sehingga pada saat ini kita dapat hadir dalam forum yang sangat terhormat , yaitu Musyawarah Anggota Komisariat Merdeka Malang yang merupakan badan musyawarah tertinggi ditingkat komisariat yang salah satu fungsinya untuk melakukan evaluasi terhadap perjalanan GMNI komisariat merdeka selama periode 2010-2011 secara keseluruhan . Maka dari itu keberadaan kami di tempat ini sebagai bentuk komitmen terhadap amanah yang diemban oleh setiap kader GMNI sebagai pejuang pemikir-pemikir pejuang. Dimana kami sebagai ujung tombak komisariat Merdeka Malang mengemban tugas untuk menjalankan roda kepemimpiana GMNI komisariat tahun 2010. Bagi kami amanah adalah tugas mulia yang harus di laksanakan, terlepas persoalan hasil yang sempurna tetapi yang lebih penting adalah proses dan usaha yang di lalui sebagai bentuk pengabdian terhadap kaum Marhaen dan Kesatuan Republik Indonesia yg tercinta ini.

Presidium sidang dan saudara-saudara  seideologi  serta peserta Musyawarah Anggota Komisariat yang saya hormati………

Sebagai organisasi mahasiswa ekstra kampus OMEK, GMNI komisariat Merdeka Malang mengemban amanat sangat strategis dari anggota komisariat melalui proses. Sudah sepatutnya GMNI komisriat Merdeka Malang dalam setiap gerak langkah dan tujuan selalu berpatokan terhadap prosedur dan mekanisme formal yang sudah menjadi rutinitas dalam setiap periode kepengurusan mengacu pada AD/ART sebagai legal formal yang telah dibahas dan ditetapkan dalam forum tertinggi yaitu Kongres GMNI.
Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia GMNI komisariat Merdeka Malang selaku organisasi pergerakan yang ada di universitas Merdeka Malang memposisikan diri dalam memikul tanggung jawab moral dan sosial kepada mahasiswa serta menjalankan amanah GMNI komisariat Merdeka Malang mempunyai peran dan fungsi strategis dalam melakukan pengawalan terhadap berbagai kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang terkadang tidak mampu menjangkau kepentingan rakyat   Indonesia secara menyeluruh . Dalam perjalan yang tidak sedikit masalah  yang dihadapi oleh GmnI Komisariat Merdeka dituntut untuk selalu kritis teerhadap berbagai persoalan .

Presidium sidang dan saudara-saudara  seideologi  serta peserta Musyawarah Anggota Komisariat yang saya hormati………

II.        KONDISI OBYEKTIF
Perjalanan panjang GMNI Komisariat Merdeka Malang sejak berdiri kembali hingga sekarang, masih penuh dengan berbagai rintangan. Menghidupkan kembali GMNI di Universitas Merdeka Malang ibaratkan membangunkan macan ompong yang sudah tertidur bertahun-tahun. Dimana dengan kembali hadirnya GMNI di Universitas Merdeka Malang banyak tantangan yang dihadapi, terutama dari dalam lingkungan Universitas.
           
a.      Kondisi Internal
Pada reaiitanya GMNI Komisariat Merdeka pada periode ini masih belum cukup mumpuni dalam perjalanan kepengurusan selama satu periode ini, dimana realita sebuah organisasi pastinya mempunyai halangan dalam pelaksanaannya, serta kami juga mengalami mis komunikasi dengan anggota lainnya. Walaupun dalam perjalan kepengurusan ini terdapat begitu  banyak hambatan dan tantangan kami masih  mampu menciptakan kader-kader yang progresif revolusioner. Tidak kami pungkiri dengan adanya dinamika organisasi, dimana seleksi alam dan kesibukan masing-masing personal dalam struktur kepengurusan menjadi salah satu kendala yang sangat berarti dalam perjalanan kami.
Disinilah pada akhirnya kami menggalakan sistem kerja team (teamwork), selain pola pembelajaran bagi pengurus, sistem seperti ini juga ampuh dalam cobaan-cobaan berorganisasi pada umumnya..

Presidium sidang dan saudara-saudara seideologi serta peserta Musyawarah Anggota Komisariat yang saya hormati………


b.      Kondisi Eksternal
Dalam melaksanakan amanat Musyawarah Anggota KOmisariat pada bidang eksternal, pada satu periode ini kami sudah menghantarkan beberapa kader untuk menduduki organisasi sayap antara lain :
-          Bung Suri sebagai Wakil Presiden UNMER Malang
-          Bung Gusti sebagai Mentri Olah Raga
-          Bung Elman sebagai Ketua UKM Fordimapelar
-          Bung Muti sebagai wakil ketua UKM Katolik
-          Bung Emil Sebagai Ketua UKM Dance sekaligus merangkap staf ahli Mentri Olah Raga
-          Bung Semau sebagai Staf Ahli Mentri Olah Raga
-          Bung   Ello sang hipnotis  sebagai Dewan UKM
-          Bung  Pius sebagai Mentri  Advokasi Hukum dan Ham
-          Membantu mengantarkan sahabat irianto sebagai Presiden Mahasiswa Unmer
Pada periode  ini juga telah kami antarkan  Bung Empok Wiliam , Bung Viktor Marpaung , Bung Agustian Siagian, Bung aldiano putra sang fajar menjadi Sarjana Hukum, Serta Bung Marselino dan bung Howard sebagai sarjana ...... dengan demikian dapat kami tunjukan bahwa dalam memperjuangkan nasib kaum marhaen kader GMNI Komisariat Merdeka Malang tetap mampu melaksanakan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa.
Pada tahun 2011 telah kami kirimkan 5 orang ke Cabang GmnI untuk mengikuti Kaderisasi Tingkat Dasar untuk dididik menjadi kader GMNI antara lain :
-          Bung Kostan Nanralele
-          Bung Lukas P Sidi  ( Engki)
-          Bung Tian Marhaenis
-     Bung Emil Setitit
-     Bung Tono putra Larantuka

Sehingga bertambahlah kuantitas dan kualitas kader GMNI Komisariat Merdeka Malang.
Hasil yang kita dapati ternyata eksistensi GMNI Komisariat Merdeka Malang sudah cukup baik di tataran local Universitas, dan dalam ranah cabang Malang. Dalam tataran lokal universitas kawan-kawan  dari OMEK lain mengakui kualitas kita yang tak bisa diremehkan, hal ini kami dengar sendiri dari kawan-kawan GMKI, PMKRI dan HMI setelah kami berhasil membawa sahabat Irianto untuk menduduki gedung putih atau BEMU Merdeka Malang, dan lainnya yang mana kader-kader GMNI Komisariat Merdeka kami tuntut untuk mampu menguji wacana dengan tataran aktifis dan fungsionaris kampus.
Di lintas ranah cabang Malang, GMNI Komisariat Merdeka  menjadi motor penggerak untuk mempercepat konfercap cabang Malang yang seharusnya sudah demisioner. Hal tersebut kita lihat dari perjuangan Bung Ali Dan Bung Empok untuk membentuk sebuah  tim yang mengkoordinir  teman-teman dari komisariat lain.
Pertanyaan mendasar yang perlu kita sadari sebagai organisasi yang bergerak secara progresif dan mempunyai kader-kader yang duduk di posisi strategis seharusnya bisa melebarkan sayap komisariat dan menambah kuantitas kader GMNI. Namun pada kenyataannya terkadang kita melupakan wadah yang sudah mengarahkan kita. Artinya perubahan yang diinginkan untuk memerahkan Unmer Malang tidak atau mungkin tercapai. Hal ini disebabkan salah satunya, belum ada kesadaran mutlak dari kita untuk melakukan perubahan ke arah cita-cita GMNI.

Presidium sidang dan saudara-saudara seideologi serta peserta Musyawarah Anggota Komisariat yang saya hormati………..

III.       KEBIJAKAN UMUM
            GMNI Komisariat Merdeka Malang dalam melaksanakn tugas, kewenangan dan tanggung jawabnya tidak terlepas dari aturan (rule of game) dari system. Hal ini karena menjadi suatu keniscayaan bahwa kekuasaan (power) atau kewenangan (authority) harus dikontrol atau dibatasi oleh suatu aturan. Jika tidak, maka hukum mengatakan “power tend to corrupt”, kekuasaan cenderung untuk korupsi. Korupsi di sini tidak hanya dimaknai secara sempit dalam arti materi. Namun, juga berarti penyalahgunaan kewenangan dan perilaku penyimpangan dari aturan dapat dikategorikan sebagai perilaku korupsi.

Presidium sidang dan saudara-saudara seideologi serta peserta Musyawarah Anggota Komisariat yang saya hormati………..



IV.       REALISASI PROGRAM KERJA
1)      Pengurus Komisariat
·         Perkuat Jaringan
·         Iuran Anggota
Tidak dipatok berapa besarnya, dan tidak rutin
·         Perkuat jaringan
2)      Biro Jaringan dan Advokasi
·         Perkuat jaringan dengan alumni GMNI Unmer
·         Bangun jaringan dengan OMEK Unmer
3)      Biro Wacana dan Politik
·         Memperingati hari-hari besar nasional
Malam perenungan pancasila
·          Diskusi warung kopi ( tidak rutin)
·         Bedah Film
4)      Biro Pengkaderan
·         Konsolidasi Penjaringan
·         PPAB
·         KTD


Presidium sidang dan saudara-saudara seideologi serta peserta Musyawarah Anggota Komisariat yang saya hormati............

VI.       EVALUASI DAN REKOMENDASI
            Proses perbaikan organisasi baik internal maupun eksternal GMNI Komisariat Merdeka Malang telah kami upayakan semaksimal mungkin sesuai dengan aturan dan rekomendasi, prosedur perbaikan antara lain:
1.      Usaha untuk menjadi organisasi yang demokratis tang selalu menampung aspirasi seluruh Keluarga Besar GMNI Komisariat Merdeka Malang. Juga menjalin kerja sama dengan organisasi ekstra maupun untra di Universitas Merdeka Malang
2.      Menjaga kerukunan lintas OMEK dengan diskusi forum kopi sebagai bentuk pluralitas yang damai dimana GMNI menentang adanya perpecahan dan persaingan tidak sehat di lintas pergerakan kemahasiswaan
3.      Berusaha membenahi internal GmnI Kom. Merdeka Malang.
4.      GMNI akan selalu berusaha mempertahankan bargaining posisi strategis dalam organisasi sayap sebagai bentuk eksistensi dan akan mengawal kader-kader yang duduk di wilayah intra
5.      Tetap berusaha untuk mengantarkan serta mengawal siapapun yang ingin mencalonkan diri sebagai ketua  DPC Malang , Komisariat Merdeka Malang selalu siap memfasilitasi.
6.      GmnI  Komisariat Merdeka Malang tidak terlepas mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dinilai menindas rakyat.
7.      Selain sebagai transformator kebijakan dan sentra gerakan, GmnI Komisariat Merdeka Malang .        
Selanjutnya ada hal-hal mendasar yangbelum kami lakukan :      
    1. Pengadaan secret paten
  2. Sarina komisariat
             3 Melanjutkan memperbaiki pengkaderan

Presidium sidang dan saudara-saudara seideologi serta peserta Musyawarah Anggota Komisariat yang saya hormati............

VII.       PENUTUP
        demikian laporan pertanggungjawaban ini dibuat dengan apa adanya, kami sadar bahwa kami hanya manusia yang tak luput dari dosa dan salah . Oleh karena itu tidaklah berlebihan kalau dalam kesempatan ini kami memohon maaf akan segala kesalahan yang telah kami lakukan , dan kami ucapkan beribu-ribu terima kasih atas sumbangsih saudara-saudaraku semua atas kepercayaan kami dalam memimpin satu periode ini.

  Warisi Apinya  Ajaran Marhaenisme Jangan Abunya”  (Bung Karno)

Merdeka........!!!!!!!
GmnI....Jaya...
Marhaen.......Menang
.....




Tidak ada komentar: