Kaum Miskin Indonesia

Kaum Miskin Indonesia
Perjuangan kita tak akan sia-sia. Asalkan kita tahu dari mana kita berasal (diktum sokrates), dan kemana tujuan kita (aquinas), serta dimana kita akan berhenti (Honing A Bana).

Selasa, 18 September 2012


Persamaan Dan Perbedaan Konsep Teori Belajar Thorndike, Skinner Dan Pavlov 

Perbedaan konsep belajar menurut Thorndike, Skinner dan Pavlov
PerbedaanThorndikeSkinnerPavlov
Jenis pengkondisianInstrumental ConditioningOperant ConditioningClassical Conditioning
ExtinctionDalam law of exercise, apabila tida pelatihan selanjutnya, maka akan hilang perilaku yang telah kita dapat atau bentukApabila tidak ada reward (reinforcement)Extinction terjadi apabila tidak ad US dan hanya CS saja yang diberikan
ReinforcementReinforcement berada di akhir, dan digunakan untuk menimbulkan perilakuReinforcement boleh diberikan tetapi jangan berlebihan, hindari punishmentReinforcement berda diawal, dan digunakan untuk pengkondisian
GeneralisasiSemakin dekat akan memberikan respon-Semakin mirip akan memberikan respon
Pengertian belajarBelajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Stimulus adalah apa yang merangsang terjadinya kegiatan belajar seperti pikiran, perasaan, atau hal-hal lain yang dapat ditangkap melalui alat indera. Sedangkan respon adalah reaksi yang dimunculkan peserta didik ketika belajar, yang dapat pula berupa pikiran, perasaan, atau gerakan/tindakan.Belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang harus dapat diukur.Segala tingkah laku manusia juga tidak lain adalah hasil daripadaconditioning. Yaitu hasil daripada latihan-latihan atau kebiasaan-kebiasaan mereaksi terhadap syarat-syarat atau perangsang-perangsang tertentu yang dialaminya dalam kehidupannya.
Persamaan konsep belajar menurut Thorndike, Skinner dan Pavlov
  • Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.
  • Dilakukan pemberian reinforcement untuk meningkatkan perilaku.
  • Dalam teknis penelitian menggunakan binatang.
  • Semua konsep belajar digunakan untuk membentuk perilaku, apabila tidak terjadi perubahan perilaku maka dianggap tidak mengalami proses belajar.
  • Menghindari punihsment dalam pembentukkan perilaku

Tidak ada komentar: